Oleh: Asmadi Alsa, Aniq Hudiyah Bil Haq, Asmaul Jannah Siregar, Fitri Ayu Kusumaningrum, H. Dyah Utami, Ratna Dewi Bachria
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kombinasi variabel variabel dalam social relationships dan means for self-fulfillment, yang efektif memprediksi prestasi belajar matematika siswa kelas 11 SMA. Subjek penelitainnya adalah 83 siswa kelas 11 SMA Negeri ‘Y’ di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala efikasi diri, skala hubungan guru-siswa, skala keterikatan siswa, skala dukungan orangtua, skala iklim sekolah, dan nilai UTS Matematika.
Metode analisis data yang digunakan adalah satatistik analisis regresi metode Stepwise. Hasil penelitiannya adalah bahwa dari kelima variabel independen (prediktor), kombinasi yang efektif untuk memprediksi prestasi matematika adalah variabel efikasi diri dan hubungan guru-siswa. Kontribusi keduanya terhadap prestasi matematika sebesar 13,3 persen, 6,3 persen lebih tinggi dibanding kalau hanya menggunakan variabel efikasi diri sebagai prediktor tunggal. Secara individual, dari kelima variabel independen yang diuji, hanya variabel independen iklim kelas yang korelasinya tidak signifikan dengan prestasi matematika.