Oleh Rizki Kusumadewi Saputri dan Fathul Himam
Kendala-kendala wanita dalam berwirausaha tidak selalu menjadi penghalang bagi wanita pengusaha untuk sukses. Terbukti saat ini wanita berperan penting dalam pembangunan ekonomi daerah dan negara. Penelitian ini dilakukan untuk memahami hakikat mindset yang dimiliki wanita pengusaha sukses. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi.
Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap empat wanita pengusaha sukses dalam bidang makanan, minuman, fashion dan ritel yang diperoleh melalui networking. Data hasil penelitian dianalisis dengan melibatkan beberapa proses inti, yaitu: epoche, phenomenological reduction, imaginatif variation serta synthesis of meaning and essences. Kredibilitas hasil penelitian menggunakan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindset yang dimiliki wanita pengusaha mengandung kompenen kognitif, metakognitif dan motivasi. Struktur internal yang terkandung di dalamnya adalah interdependensi, diferensiasi, spiritualisme dan learning.