Oleh Faraz Umaya, Faturochman, Asip F. Hadipranata, dan Magda Bhinnety Etseem
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh rekomendasi dan kredibilitas informasi terhadap penyesalan konsumen atas keputusan mengenai peluang pembelian. Emosi pasca-putusan diukur dari lima aspek penyesalan (konsumen) yang terdiri dari perasaan, pikiran, kecenderungan bertindak, bertindak, dan tujuan emosional. Rekomendasi pembelian ditentukan dalam dua kondisi eksperimen, yaitu ada rekomendasi dan tidak ada rekomendasi, yang menandakan kecenderungan untuk bertindak atau tidak bertindak dalam pengambilan keputusan konsumen. Kredibilitas informasi diartikan sebagai rekomendasi dari informan ahli dan non-ahli. Desain 2 X 2 faktorial digunakan untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesalan konsumen dipengaruhi oleh jenis rekomendasi dan kredibilitas informasi. Tingkat tertinggi penyesalan terjadi pada kondisi subyek yang tidak menerima rekomendasi dan informan ahli, diikuti oleh tidak ada rekomendasi dan informan non-ahli, ada rekomendasi dan informan ahli, dan ada rekomendasi dan informan non-ahli. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kredibilitas informasi secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumen. Hasil penelitian ini sangat sesuai dengan literatur perilaku konsumen yang ada, dan
mengirim pesan peringatan ke dunia pemasaran: bahwa strategi memberkan harga promosi (pengurangan) dapat menjadi bumerang ketika konsumen kecewa.