Oleh Mutia Mawardah dan MG Adiyanti
Teknologi yang pesat, memiliki dampak yang positif, tetapi juga memiliki dampak negatif. Kasus cyberbullying akan terus meningkat seiring dengan kemajuan dalam penggunaan perangkat teknologi informasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri āSā kelas VII dan VIII, usia 12-14 tahun, dan menggunakan teknologi informasi minimal 2 tahun.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kelompok teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan menjadi pelaku cyberbullying pada remaja yang ditunjukkan oleh nilai F=106,078 dan p<0,01, dengan nilai Adjust R Square sebesar 0,702 (70,2%). Secara terpisah kelompok teman sebaya memiliki hubungan positif dan memiliki pengaruh dengan nilai korelasi parsial=0,603 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 0,637. Variabel regulasi emosi secara terpisah memiliki hubungan negatif dan tidak memiliki pengaruh dengan nilai korelasi parsial=-0,092.