• Tentang UGM
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • LPPM UGM
Universitas Gadjah Mada UNIVERSITAS GADJAH MADA
KANAL PENGETAHUAN PSIKOLOGI
  • Beranda
  • Artikel Psikologi
  • 3 Minute Thesis
  • Podcast
  • Tokoh Psikologi
  • Beranda
  • Riset & Publikasi
  • Penyesalan Keputusan Konsumen Berdasarkan Faktor Rekomendasi dan Kredibilitas Informasi

Penyesalan Keputusan Konsumen Berdasarkan Faktor Rekomendasi dan Kredibilitas Informasi

  • Riset & Publikasi
  • 1 November 2017, 22.41
  • Oleh: DSSDI UGM
  • 0

Oleh Faraz Umaya, Faturochman, Asip F. Hadipranata, dan Magda Bhinnety Etseem

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh rekomendasi dan kredibilitas informasi terhadap penyesalan konsumen atas keputusan mengenai peluang pembelian. Emosi pasca-putusan diukur dari lima aspek penyesalan (konsumen) yang terdiri dari perasaan, pikiran, kecenderungan bertindak, bertindak, dan tujuan emosional. Rekomendasi pembelian ditentukan dalam dua kondisi eksperimen, yaitu ada rekomendasi dan tidak ada rekomendasi, yang menandakan kecenderungan untuk bertindak atau tidak bertindak dalam pengambilan keputusan konsumen. Kredibilitas informasi diartikan sebagai rekomendasi dari informan ahli dan non-ahli. Desain 2 X 2 faktorial digunakan untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesalan konsumen dipengaruhi oleh jenis rekomendasi dan kredibilitas informasi. Tingkat tertinggi penyesalan terjadi pada kondisi subyek yang tidak menerima rekomendasi dan informan ahli, diikuti oleh tidak ada rekomendasi dan informan non-ahli, ada rekomendasi dan informan ahli, dan ada rekomendasi dan informan non-ahli. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kredibilitas informasi secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumen. Hasil penelitian ini sangat sesuai dengan literatur perilaku konsumen yang ada, dan
mengirim pesan peringatan ke dunia pemasaran: bahwa strategi memberkan harga promosi (pengurangan) dapat menjadi bumerang ketika konsumen kecewa.

Selengkapnya 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada
Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
fpsi[at]ugm.ac.id
+62 (274) 550435 ext 158
+62 (274) 550435

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju